May 19, 2015

Cara Gampang Memindahkan Aplikasi Ke Memory External Dengan Link2SD


Cara Gampang Memindahkan Aplikasi Ke Memory External Dengan Link2SD | Bagi sobat Andro-Ananda pengguna Android yang smartphonenya mempunyai memory internal yang kecil pasti juga akan mengalami masalah yang sama. Memory internal perlahan mulai dipenuhi dengan installan berbagai macam aplikasi serta game. Jika sudah begitu, maka performa smartphone android akan semakin menurun, sering nge-lag, dan terkadang malah mulai hang dan terpaksa harus direstart ulang. Hal tersebut  terjadi karena memory internal yang hampir bahkan akan penuh. Untuk membuatnya lebih lega, kita bisa menjadikan memori eksternal atau SD Card kita sebagai memori internal dengan menggunakan aplikasi Link2SD.

Silahkan disimak tutorial berikut ini :

1. Download Link2SD gratis via PlayStore, atau download file APKnya lewat Mediafire.

2. Instal Link2SD pada perangkat android Anda.

3. Jalankan Link2SD, pilih partisi kedua yang telah Anda buat, kemudian restart perangkat Android Anda.

cara menggunakan link2sd

Catatan : Link2SD mendukung partisi Ext2, Ext3, dan Ext4 untuk menyimpan data hasil instal aplikasi. Jika perangkat Android Anda tidak mendukung partisi Ext, bisa menggunakan partisi FAT32.

4. Setelah restart jalankan Link2SD, pilih aplikasi sudah Anda install sebelumnya pada list aplikasi. Tekan dan tahan aplikasi tersebut hingga muncul pop up window, lalu pilih Create Link.

pindah app ke sdcard

5. Centang pilihan Link application file, Link dalvik-cache file, dan Link library files.

cara menggunakan link2sd

6. Klik OK, maka aplikasi yang Anda pilih secara total sudah berpindah ke SDCard.

Jika aplikasi yang ingin Anda pindahkan banyak, Link2SD juga dilengkapi fitur multi-select sehingga memungkinkan Anda untuk memindahkan banyak aplikasi sekaligus.

7. Terakhir, untuk membuat aplikasi yang akan Anda instal masuk ke SDCard, klik Opsi pada Link2SD > lalu pilih Settings > beri centang pada Auto link.

memindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal

Selesai, kini Anda bisa menginstal lebih banyak game dan aplikasi.

Tambahan :
Dikutip dari pernyataan pengembang aplikasi Link2SD "Some phones lack the ext2, ext3 or ext4 file system support and you may get mount errors like "no such device", "invalid argument". Using FAT32 on the second partition will eleminate such problems, because FAT32 is supported on all phones"

Yang artinya kurang lebih "beberapa jenis ponsel tidak mendukung Ext2, Ext3, atau Ext4, mungkin ada yang mendapat error "no such device", "invalid argument" saat memindahkan aplikasi ke SDCard. Gunakanlah FAT32 sebagai partisi kedua karena FAT32 didukung semua ponsel."

Jadi, jika Anda tidak berhasil memindahkan aplikasi ke SDCard, mungkin ponsel Anda tidak mendukung ext2, ext3 atau ext4. Solusinya coba buat file system partisi kedua FAT32. Sistem Operasi Windows hanya mendeteksi partisi FAT32 pertama, namun pada ponsel Android akan terdeteksi 2 partisi walaupun sama-sama FAT32.

0 komentar:

Post a Comment

[+] Dilarang SARA
[+] Dilarang menaruh Link Aktif
[+] Dilarang memakai kata-kata kotor
[+] Dilarang SPAM
[+] Gunakan Bahasa yang sopan